LAPAK BURUNG KENARI & YORKSHIRE

BUAT AGAN-AGAN penghobi ataupun peternak, ataupun pembeli KENARI, DAN LAIN SEBAGAINYA SILAHKAN MANFAATKAN BLOG INI

Cara Ternak Kenari lokal F1 Merah Yorkshire Secara Koloni Untuk Pemula
Cara Ternak Kenari lokal F1 Merah Yorkshire Secara Koloni Untuk Pemula – Ternak Kenari tidaklah semudah memelihara jenis burung lainnya anda harus sangat teliti dan jeli ketika Ternak Kenari ini, anda harus bisa memilih bibit yang unggul dan lokasi maupun kandang yang relatif besar, anda juga harus memperhatikan lingkungannya sebab ternak kenari sangatlah sensitif akan lingkungan yang kurang bersih.

Untuk anda yang kurang mengetahui bagaimana cara ternak kenari yang benar dan terartus saat ini anda bisa melakukannya saat ini. berikut ini adalah tahap demi tahap cara Ternak Kenari secara berurutan:

1. Cara Membedakan Burung Kenari Jantan atau Betina
bila dilihat dari kenari anakan biasanya burung kenari jantan ketika berumur 1 bulan atau lebih / telah dipisah dari induknya akan sering berbunyi (ngerol) sedangkan burung kenari betina umumnya tidak akan berbunyi. Dilihat dari tekstur bentuk tubuh kenari jantan terlihat lebih ramping dan memanjang sedangkan bila burung kenari betina cenderung berbentuk bulat, namun ada juga yang mempercayai sebagian orang melihat dari bentuk telurnya bila kenari jantan biasanya berbentuk lonjong atau oval sedangkan bila kenari betina berbentuk cenderung bulat.

2. Usia Burung Kenari
Usia burung kenari merupakan salah satu faktor penting untuk memulai ternak kenari. Pada umumya induk kenari yang telah siap di kawinkan untuk kenari jantan berumur sekitar 8 bulanan, sedangkan untuk indukan burung kenari betina sekitar umur 6 bulanan. untuk itu anda harus mengetahui kapan burung kenari siap untuk di kawinkan sebab apabila usia burung kenari terlalu muda untuk dikawinkan akan mempengaruhi kualitas anakan yang di hasilkan.

3. Kandang Atau Sangkar
Sangkar burung kenari Sebaikya ditempatkan menempel didinding hal tersebut bertujuan agar sangkar tidak mudah bergoyang-goyang. sangkar burung kenari Tempatkan ditempat yang teduh dan relatif jauh dari pusat keramaian agar saat burung kenari mengerami telurnya tidak merasa terganggu. Sangkar burung kenari harus ditempatkan di tempat yang aman dari dari gangguan serangga maupun semut.

4. Proses Penjodohan
Pada masa persilangan burung kenari terdapat berbagai macam cara menjodohkan indukan, ada yang menggunakan jenis sangkar khusus yang ditengah sangkat terdapat sekat pembatas supaya burung kenari dapat saling mengenal, selama beberapa hari pada waktu kedua burung kenari disatukan indukan telah terbiasa sehingga tidak akan berkelahi, ada juga yang langsung dijadikan satu itupun dengan lebih dahulu melihat kenari betina telah siap untuk dikawinkan. Pada masa penjodohan di sangkar soliter/ box kalau si indukan sudah terlihat kawin anda siapkanlah tempat untuk mengeram biasanya dipasaran telah tersedia serabut untuk tempat mengeram burung, anda bisa menyediakanya dengan cara di buatkan oleh anda kemudian dibulatkan dengan menggunakan lampu bohlam agar terlihat alami atau dengan cara yang alami anda siapkan di dalam sangkar / box bila menggunakan cara alami ini umumnya indukan akan mengambilnya sendiri dan menganyam sendiri oleh indukan di tempat yang telah anda siapkan bisanya peran burung kenari betina lebih besar, setelah burung kenari terlihat mengeram tidak akan lama kemudian burung kenari betina akan bertelur, biasanya telur burung kenari terdiri dari 1 hingga 4 bila sedang produktif sekali bisa hingga 6 butir telor.

5. Proses Pengeraman
Pada masa pengeraman telor burung kenari selama 12 hari hingga 14 hari tergantung cuaca atau suhu biasanya peternak menggunakan tambahan lampu 5 watt didalam sangkar/box agar suhu didalam sangkar/box menjadi lebih hangat. Setelah 12 hari mengerami telur burung kenari akan menetas satu persatu biasanya berselang sehari hingga semua telur menetas, pada masa itu burung kenari pejantan dapat dipisahkan atau disatukan tergantung dari karakter burung kenari pejantan itu sendiri. Pada masa memberi makan atau meloloh anakan burung kenari, anda siapkanlah extra makanan tambahan supaya anakan burung kenari bisa tumbuh lebih cepat dan baik.

Demikianlah Cara Ternak Kenari secara umum, semoga dapat memberi rmanfaat untuk anda semua. Inti dari artikel ini adalah dalam memelihara burung kenari anda harus telaten dan sabar. Selamat Mempraktekan !!

Komentar
  1. saudagarsuroboyo mengatakan:

    hARGA iNDUKAN SIAP KAWIN mURAI bATU BERAPA YA…

  2. nos mengatakan:

    Dicari anakan Kenari F-1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s