PERBEDAAN JENIS KELAMIN KENARI

Posted: Februari 20, 2014 in KENARI
Tag:, , ,

Burung kenari adalah burung yang paling digemari dan dibudidaya saat ini, disamping penampilannya yang anggun dan beraneka warna, burung kenari juga dapat dilatih agar memiliki suara yang merdu. Ciri perbedaan burung kenari dibandingkan dengan burung yang lain adalah suaranya yang panjang dan melengking secara bersambung. Hampir semua orang yang beternak kenari pasti paham jika burung kenari jantan lebih berkualitas dari segi suara daripada kenari betina. Namun, bagaimana caranya untuk membedakan kenari jantan dan betina dari fisik nya?. Sebenarnya untuk membedakan jenis kelamin kenari itu gampang susah. Namun akan kami berikan beberapa tips untuk membedakannya dari segi fisik dan penampilan burung tersebut.
Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina
perbedaan kenari jantan dan betina images | ternak kenari, ternak kambing, ternak bebek, ternak lele, budidaya ikan lele, ikan hias, gambar ikan | Ternak Pintar
Untuk membedakan jenis kelamin burung kenari, kita sudah dapat melihatnya saat burung berusia 3 hari atau lebih. Cirinya adalah pembuluh vena di bagian sebelah perut turun menuju dubur. Maka hampir dipastikan burung kenari ini adalah kenari jantan. Karena pembuluh vena tersebut tidak akan tampak pada burung kenari betina. Sebaiknya hal ini segera dilakukan sebelum kenari jantan tersebut tumbuh bulu.

KENARI BETINAKENARI JANTAN

Selanjutnya, untuk membedakan kenari jantan dan betina, kita bisa mencari anakan burung kenari yang mampu melompat paling jauh dari yang lainnya, karena jenis kenari jantan lah yang dapat melakukan hal ini. Caranya yaitu dengan menaruh burung kenari tersebut pada handuk dan kita sejajarkan seperti posisi kuda pacu yang ada pada jalur pacuan. Setelah burung kenari melakukan lompatan, bisa kita bedakan mana yang paling jauh dan pendek lompatannya.
Cara berikutnya yaitu dengan melihat pusat paling bawah kaki. Pusat kaki yang paling panjang ada 3 telapak kaki yang memiliki panjang yang sama. Kenari jantan memiliki pusat kaki yang panjang dan sulit untuk bergabung dengan kaki yang lain. Sedangkan kenari betina kakinya mudah untuk bergabung, karena ketiga telapak kaki kenari betina memiliki ukuran yang sama panjang.
Dari segi badan kenari, kita juga bisa membedakan kenari jantan dan betina. Tepatnya di bagian tulang belakang burung kenari. Kenari jantan di sepanjang tulang belakangnya ada warna yang lebih tegas dan pekat. Sedangkan pada kenari betina, ada warna tegas namun tidak sampai sepanjang tulang belakangnya.
Kenari juga dapat dibedakan dengan melihat bentuk kepala kenari sebelum tumbuh bulu. Bentuk kepala kenari jantan terlihat lebih datar dan pipih, sedangkan kepala kenari betina lebih bulat. Saat memasuki usia 6 atau 7 hari, anak anak kenari akan mulai membuka mata. Kenari jantan saat membuka mata, maka mata tersebut akan sejajar dengan paruhnya. Untuk kenari betina, letak mata tidak sejajar atau diatas paruh. Hal inilah yang membuat kepalanya terlihat lebih bundar.

matakenarijantan

Jenis kelamin kenari juga dapat dibedakan dengan memperhatikan duburnya. Silahkan lihat gambar di bawah ini.

BAWAH KENARI KELAMIN

Komentar
  1. heni mengatakan:

    terimakasih atas infonya

  2. jam tangan murah mengatakan:

    wah mesti jeli juga ya mas

  3. John mengatakan:

    info yang sangat menarik, sepertinya harus dicoba🙂 , Affleck

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s